Saturday, October 16, 2010

algoritma menentukan bilangan ganjil atau genap

pemahaman algoritma yang baik sangat menentukan kulitas dari suatu program yang kita buat, untuk itu jangan tergesah2 dalam membuat program atau bahkan malas menyusun algoritmaya bisa jadi program yang anda buat tidak berhasil atau eror . untuk yang pengen belajar salah satu bahasa pemprograman belajarlah algorima terlebih dahulu. disini saya akan memberikan satu contoh algoritma menentukan bilangan ganjil atau genap, perhatikan dan pahami algoritma di bawah ini :

1. masukan bilangan 
2. bagi bilangan tersebut dengan 2 
3. apabila sisa hasil bagi bilangan tersebut adalah 0 atau tidak ada sisa maka bilangan tersebut adalah bilangan genap. dan jika sisa hasil bagi bilangan tersebut 1 maka bilangan tersebut adalah ganjil.
4. selesai

 nah mungkin anda agak pusing di langkah yang ke-3 di bagian proses. bagaimana pengertian sisa hasil bagi pada kalimat tersebut ? ambil contoh aja angka  4, 4  adalah bilanga yang habis di bagi 2 dalam artian tidak ada sisa atau sama dengan 0 maka angka 4 adalah bilangan genap . jadi ketika user memasukan salah satu angka program bisa mentuka dengan benar bilangan genap atau ganjil.

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

No comments:

Post a Comment

komen frind....